KISI
- KISI PENULISAN SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
Jenis Sekolah :
|
SMP
|
Kelas / semester : VII / Genap
|
|
|
|||
Mata Pelajaran :
|
IPA
|
Tahun ajaran : 2012 / 2013
|
|||||
Kurikulum Acuan :
|
KTSP
|
Jumlah Soal : 35
|
|
||||
Alokasi Waktu :
|
120 menit
|
Penyusun : Drs.
Utang D
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
SKL
|
INDIKATOR SKL
|
INDIKATOR SOAL
|
TK
|
Bentuk
|
No
|
Skor
|
|
|
|
|
|
Soal
|
Soal
|
|
1
|
Memahami
konsep gejala alam biotik
|
Membandingkan
gejala alam kebenda
|
disajikan
data komponen ekosistem,
|
sd
|
PG
|
1
|
1
|
|
dan
abiotik
|
an
pada objek abiotik
|
siswa
dapat menyebutkan gejala alam
|
|
|
|
|
|
|
Membandingkan
gejala alam kebenda
|
yang
termasuk kejadian objek biotik
|
|
|
|
|
|
|
an
pada objek biotik
|
Disajikan
data komponen biotik dan abio
|
md
|
PG
|
2
|
1
|
|
|
|
tik
di air, siswa dapat mengelompokkan
|
|
|
|
|
|
|
|
komponen
abiotik laut/perairan.
|
|
|
|
|
2
|
Mendeskripsikan
dasar-dasar mekani-
|
Menjelaskan
pengertian gerak
|
Diberikan
pernyataan, siswa dapat men-
|
sk
|
PG
|
3
|
1
|
|
ka
yaitu gerak ( Gerak Lurus Beraturan
|
Menjelaskan
perbedaan jarak dan per
|
jelaskan
pengertian gerak
|
|
|
|
|
|
dan
Gerak Lurus Berubah beraturan /
|
pindahan
|
Disajikan
gambar orang yang sedang
|
sd
|
PG
|
4
|
1
|
|
GLB
dan GLBB
|
Melakukan
percobaan pada GLB
|
bergerak,
siswa dapat membedakan
|
sk
|
Essay
|
31
|
6
|
|
|
|
jarak
dan perpindahan
|
|
|
|
|
|
|
tiwa
GLBB dalam kehidupan sehari-
|
Siswa
dapat menghitung besar kecepatan
|
sk
|
PG
|
5
|
1
|
|
|
hari
|
benda
yang bergerak beraturan
|
|
|
6
|
|
|
|
|
Disajikan
grafik gerak, siswa dapat me-
|
sk
|
PG
|
7
|
1
|
|
|
|
nentukan
grafik Gerak Lurus Beraturan
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan
konsep GLB dalam ke-
|
Ditunjukkan
angka pada Speedometer,
|
sd
|
PG
|
8
|
1
|
|
|
hidupan
sehari-hari
|
siswa
dapat mengkonversi pada satuan
|
|
|
|
|
|
|
|
dibawahnya
|
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar, siswa dapat menentu
|
sd
|
PG
|
9
|
1
|
|
|
|
kan
konsep GLBB pada benda
|
sd
|
Essay
|
32
|
4
|
3
|
Menggunakan
mikroskop dan mene-
|
Mengginakan
mikroskop dengan
|
Ditunjukkan
gambar mikroskop, siswa
|
sd
|
PG
|
10
|
1
|
|
rapkan
konsep keselamatan kerja
|
benar
dalam praktikum
|
menunjukkan
bagian mikroskop berdasar
|
md
|
PG
|
11
|
1
|
|
dalam
mempelajari gejala-gejala alam
|
Memahami
jenis dan sifat zat kimia
|
kan
fungsinya.
|
|
|
|
|
|
|
yang
sering digunakan dalam praktik.
|
Disajikan
data bahan kimia di laboratori-
|
md
|
PG
|
12
|
1
|
|
|
Memahami
konsep kerja metode ilmi
|
um,
siswa dapat menyebutkan fungsi
|
|
|
|
|
|
|
ah
dan langkah -langkah dasar dalam
|
dari
zat pengawet binatang
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa
dapat menyebutkan zat kimia
|
sd
|
PG
|
13
|
1
|
|
|
|
yang
bersifat radioalktif
|
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar simbol bahan kimia,
|
md
|
PG
|
14
|
1
|
|
|
|
siswa
dapat menjelaskan arti dari
|
|
|
|
|
|
|
|
simbol
zat kimia beracun
|
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan
data, siswa dapat menentukan
|
sd
|
PG
|
15
|
1
|
|
|
|
data
kuantitatif pada percobaan
|
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan
data metode ilmiah, siswa dapat
|
sd
|
PG
|
16
|
1
|
|
|
|
menyusun
urutan yang benar
|
|
|
|
|
4
|
Mendeskripsikan
ciri-ciri makhluk
|
Mengidentifikasikan
ciri-ciri makhluk
|
Disajikan
data, siswa dapat menentu
|
sd
|
PG
|
17
|
1
|
|
hidup,
organisasi kehidupan dan kla-
|
hidup.
|
kan
ciri iritabilita pada makhluk hidup
|
|
|
|
|
|
sifikasi
makhluk hidup
|
Mempelajari
perbedaan anatara sel
|
disajikan
gambar, siswa dapat menyebut
|
md
|
PG
|
18
|
1
|
|
|
hewan
dan sel tumbuhan
|
kan
bagian sel tumbuhan
|
|
|
|
|
|
|
Memahami
jaringan pada makhluk
|
Siswa
dapat memberikan contoh penu
|
sd
|
PG
|
19
|
1
|
|
|
hidup
|
lisan
nama ilmiah yang benar untuk
|
sd
|
PG
|
33
|
1
|
|
|
Melakukan
pengamatan tentang pe-
|
padi
, jagung dan manusia
|
|
|
|
|
|
|
ngelompokkan
pada makhluk hidup
|
Siswa
dapat menuliskan urutan klasifi-
|
md
|
PG
|
20
|
1
|
|
|
|
kasi
pada tumbuhan
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa
dapat memberikan contoh kelom-
|
sd
|
PG
|
21
|
1
|
|
|
|
pok
vertebrata
|
|
|
|
|
|
|
|
disajikan
pernyataan, siswa dapat me-
|
sd
|
PG
|
22
|
1
|
|
|
Siswa
dapat memberikan contoh penu
|
nentukan
pengertian jaringan pada
|
|
|
|
|
|
|
lisan
nama ilmiah yang benar untuk
|
makhluk
hidup
|
|
|
|
|
|
|
padi
, jagung dan manusia
|
organel
sel yang hanya ada pada sel
|
sd
|
PG
|
23
|
1
|
|
|
|
dapat
menentukan ciri-ciri kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
Monokotil
|
|
|
|
|
5
|
Menentukan
komponen-komponen
|
Mengidentifikasikan
satuan-satuan
|
Disajikan
diagram rantai makanan, siswa
|
sd
|
PG
|
24
|
1
|
|
ekosistem,
simbiosis, dan pelestarian
|
dalam
ekosistem
|
dapat
menjelaskan hubungan antara
|
|
|
|
|
|
ekosistem,
simbiosis, dan pelestarian
|
Menggambarkan
dalam bentuk dia-
|
makhluk
hidup yang terjadi.
|
|
|
|
|
|
makhluk
hidup serta peran manusia
|
gram
rantai makanan dan jaring-jaring
|
Siswa
dapat menuliskan urutan organi
|
sd
|
Essay
|
34
|
4
|
|
dalam
ekosistem.
|
kehidupan
|
sasi
pada makhluk hidup dari mulai sel
|
|
|
|
|
|
|
Memahami
petian dinamika penduduk
|
sampai
organisma
|
|
|
|
|
|
|
dalam
lingkungan
|
Siswa
dapat menjelaskan pengertian
|
md
|
PG
|
25
|
1
|
|
|
Memahami
peran manusia dalam
|
populasi
|
|
|
|
|
|
|
lingkungan
|
Disajikan
gambar, siswa dapat menentu
|
md
|
PG
|
26
|
1
|
|
|
|
kan
bentuk simbiosis komensalisma
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa
dapat menjelaskan pengertian
|
sd
|
PG
|
27
|
1
|
5
|
Menentukan
komponen-komponen
|
Mengidentifikasikan
satuan-satuan
|
dinamika
penduduk
|
md
|
PG
|
28
|
1
|
|
ekosistem,
simbiosis, dan pelestarian
|
dalam
ekosistem
|
Disajikan
contoh , siswa dapat menjelas
|
sd
|
PG
|
29
|
1
|
|
ekosistem,
simbiosis, dan pelestarian
|
Menggambarkan
dalam bentuk dia-
|
kan
pengaruh pencemaran udara dan
|
sd
|
Essay
|
35
|
3
|
|
makhluk
hidup serta peran manusia
|
gram
rantai makanan dan jaring-jaring
|
penanggulangannya
|
|
|
|
|
|
dalam
ekosistem.
|
kehidupan
|
Siswa
dapat memberikan contoh proses
|
sd
|
PG
|
30
|
1
|
|
|
Memahami
petian dinamika penduduk
|
daur
ulang sampah
|
|
|
|
|
|
|
dalam
lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
Memahami
peran manusia dalam
|
|
|
|
|
|
|
|
lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sunday 9 June 2013
Kisi-kisi IPA UKK 2013
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment